PASTI BISA

PASTI BISA

Kamis, 23 Juli 2020

WORKSHOP MICROSOFT TEAMS SMP NEGERI 1 NGUNTORONADI


Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sangat mengandalkan kemampuan dalam bidang IT. Guru dituntut untuk memiliki pemahaman yang cukup sehingga dapat menjalankan tugasnya dalam mengelola siswa sehingga kegiatan pembelajaran tetap berjalan  lancar tanpa terhalang perbedaan ruang dan waktu. Banyak sekolah yang kemudian melakukan deploy akun Microsoft Office 365 untuk guru dan siswa, untuk dimanfaatkan sebagai media PJJ. Demikian halnya di SMP Negeri 1 Nguntoronadi, tak kurang dari 400 akun baru segera dibuat demi kelancaran proses pembelajaran

Sebenarnya ada banyak sekali platform yang dapat dimanfaatkan guru. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya. Salah satunya yang cukup dikenal luas yaitu Microsoft Teams. Produk dari Microsoft ini.memiliki fitur-fitur yang lengkap sehingga mempermudah guru dalam pengelolaan kelas. Ada forms dan quiz yang dapat digunakan sebagai presensi online dan penilaian online. Ada one drive untuk sarana penyimpanan data berkapasitas 5Tb, fasilitas room meeting untuk menyelenggarakan video conference, selain itu guru dan siswa dapat berinteraksi melalui kolom chat, menyimak materi, mengumpulkan tugas, dan mendapatkan nilai serta umpan balik dari guru melalui Kelas masing-masing di Microsoft Teams.

Atas pertimbangan tersebut, SMP Negeri 1 Nguntoronadi menyelenggarakan Workshop Pemanfaatan Microsoft Teams untuk Pembelajaran Jarak Jauh (Kamis, 23 Juli 2020). Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang sangat mumpuni di bidangnya, Agus Dwianto, M.Pd (Guru SMPN 1 Baturetno, MIE Master Trainer, MIE Expert, Owner SangPengajar.com)

Ketua Panitia, Rahayu Widayanti, S.Si., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran narasumber. Mewakili teman-teman guru, menyatakan siap untuk menyerap materi yang disajikan.

Widodo, S.Pd., M.Pd, selaku Kepala SMP Negeri 1 Nguntoronadi, mengingatkan betapa pentingnya guru untuk selalu mengikuti perkembangan Zaman. Lebih lanjut Widodo mengatakan, meski usia telah mendekati masa pensiun, namun semangat untuk mempelajari hal baru perlu untuk selalu ditumbuhkan, agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada siswa melalui kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.  

Agus Dwianto, sebagai narasumber pada kegiatan workshop ini, menyampaikan materi secara runtut dan jelas. Tak sekedar teori, Agus juga mengajak peserta untuk praktik secara langsung. Peserta yang kesulitan, dengan sabar dibimbing untuk mencoba, tahap demi tahap. Agus bahkan menunjukkan pada layar monitor, tampilan yang muncul jika mengakses aplikasi menggunakan laptop, dan juga ketika menggunakan smartphone. Hal ini dimaksudkan agar guru familiar dengan tampilan yang agak berbeda saat mengaksesnya. Kendala sinyal wifi yang tidak memadai kebutuhan semua peserta, tidak lagi menjadi halangan. Dengan dibimbing oleh narasumber, peserta memanfaatkan thathering smartphone masing-masing demi kelancaran kegiatan workshop.

Hampir seluruh guru karyawan terlibat secara aktif selama kegiatan berlangsung. Kegiatan yang dimulai pukul 07.30 WIB ini berakhir pada pukul 14.30 WIB. Peserta merasa puas karena bertambah ilmu baru yang praktis dan dapat dimanfaatkan untuk pengelolaan kegiatan pembelajaran kepada siswa.

Setiap siswa adalah Mutiara calon pewaris peradaban. Tugas kita sebagai guru adalah memastikan mereka mendapatkan pembelajaran terbaik sesuai dengan perkembangan zaman. SMP Negeri 1 Nguntoronadi, berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mendidik tunas harapan bangsa. (RW)

5 komentar:

  1. Siap mengasah mutiara mutiara bangsa,
    SMP N 1 Nguntoronadi bisa

    BalasHapus
  2. untuk maju,bersama kita bisa

    BalasHapus
  3. Maju bersama mendidik putra putri bangsa yang cerdas dan berkualitas

    BalasHapus
  4. Duuuuhhh Ibu bapak guruku,Spensandi Joss pokoknya

    BalasHapus