PASTI BISA

PASTI BISA

Senin, 28 September 2020

Microsoft Office 365: Solusi KBM di SMP IT Al Huda Wonogiri Masa Pandemi

Kondisi mewabahnya Covid-19 tidak menghentikan semangat siswa SMP IT Al Huda Wonogiri untuk tetap belajar. Sejak ditetapkannya kegiatan belajar mengajar dari rumah selama masa pandemi, SMP IT Al Huda Wonogiri mengemas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berbasis teknologi dengan memanfaatkan Microsoft Office 365 untuk guru dan siswa. Hal ini merupakan salah satu upaya agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dan terpantau melalui sistem.

Sebelum masa pandemi, SMP IT Al Huda Wonogiri telah memiliki akun Microsoft Office 365 yang dimanfaatkan untuk pembelajaran kelas digital. Kelas digital ini terdiri dari dua kelas, satu kelas putra (7A) dan satu kelas putri (7C). Pengelolaan kelas digital dimulai pada tahun pelajaran 2019/2020. Terjadinya wabah covid-19 ini menuntut dan mengharuskan seluruh guru dan siswa SMP IT Al Huda Wonogiri untuk menguasai pembelajaran berbasis teknologi melalui Microsoft Office 365. Pelatihan-pelatihan tentang pengelolaan dan pengoperasian akun Microsoft Office 365 dilakukan untuk meningkatkan kemahiran dan mengasah keterampilan guru sebelum melakukan pembelajaran jarak jauh.

Seluruh siswa SMP IT Al Huda Wonogiri diberi akun Microsoft Office 365 untuk memudahkan siswa mengakses informasi dari sekolah, mengikuti pembelajaran jarak jauh, dan menerima tugas dan materi dari guru mata pelajaran. Setiap kelas sudah dibuat channel yang terhubung dengan guru mata pelajaran. Guru juga memiliki channel sendiri sebagai wadah mengunggah materi, memberikan tugas, latihan, dan membangun diskusi online dengan siswa. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh berjalan baik dan lancar.

Pada pertengahan semester ini, telah berlangsung Penilaian Tengah Semester (PTS) secara online melalui Microsoft Form. Penilaian Tengah Semester (PTS) secara online telah berlangsung sejak tanggal 21 September 2020 dan berakhir tanggal 26 September 2020. Kegiatan PTS online diikuti seluruh siswa mulai kelas 7, 8 dan kelas 9.

Platform Microsoft Office 365 yang mudah diakses siswa, baik melalui HP maupun laptop. Melalui platform ini diharapkan pembelajaran daring dapat berjalan secara maksimal sesuai dengan tujuan pembelajaran yang kita harapkan.

Keikutsertaan siswa dalam PTS online kelas 7 berjumlah 140 yang belum mengikuti 1 orang, jadi 99% mengikuti PTS online. Kelas 8 berjumlah 130 yang belum mengikuti 10 siswa, jadi 92 % mengikuti PTS online.  Kelas 9 berjumlah 115  yang belum mengikuti 4 siwa, jadi 98% mengikuti PTS online. Bagi siswa yang belum mengikuti PTS online  sekarang proses PTS susulan secara online  dan  dengan kertas bagi siswa yang terkendala sinyal atau gawai. ( Humas SMP IT Al Huda Wonogiri ) 

11 komentar:

  1. Luar biasa, mantap. Semoga semakin bermanfaat.

    BalasHapus
  2. kita harus sigap dan cepat dalam mengatasi kondisi, semoga segera normal yang lebih baik

    BalasHapus
  3. Pandemi janganlah stagnan, pandemi justru mendorong utk lebih kreatif dan visioner.
    Brafo SMP IT AL HUDA.

    BalasHapus
  4. Tetap eksis KBM nya, walaupun di masa pandemi corona...

    BalasHapus
  5. Semangat selalu untuk ustadz ustadzah dan teman2

    BalasHapus
  6. Luar biasa kerennya, semoga selalu berjaya SMPIT Al Huda Wonogiri

    BalasHapus
  7. Semoga selalu bisa memberikan layanan pendidikan yg terbaik...

    BalasHapus