Pengurus MGBK  Sub Rayon 01  Kabupaten Wonogiri menyelanggarakan rapat pleno seluruh Guru BK Sub Rayon 01 Kabupaten Wonogiri pada hari Selasa, 22 September 2020 dimulai pada pukul 09.00WIB. sampai dengan pukul 12.00 WIB secara Daring. Pelaksanaan dilakukan secara virtual karena tidak memungkinkan untuk mendatangkan seluruh guru BK di Kabupaten Wonogiri dalam kondisi Pandemi Covid-19 saat ini. Dalam pertemual virtual ini dihadiri Bapak Drs. Triyono, M.Pd., selaku koordinator MGBK  Sub Rayon 01 Kabupaten Wonogiri, Bapak Sumarno, S.Pd, M.E.  Bapak Sumarno selaku   Ketua MGBK Rayon Kabupaten Wonogiri, dan Bapak Drs. Hardiyo Ketua Sub Rayon 01  sekaligus sebagai pemateri

Sejumlah 42 titik Vicon Guru BK ikut hadir pada kegiatan daring ini dimana masing – masing sekolah ada yang mewakilkan 1 orang  guru BK dana ada juga yang 2 orang guru BK . Sehingga yang mengikuti kegiatan vicon  MGBK Sub Rayon 01 ini diperkirakan 60 orang  guru BK. Meskipun demikian kegiatan sudah terwakili secara lengkap dari masing-masing sekolah se-Sub Rayon 01 Wonogiri. Hasil pertemuan dapat disampaikan / diinformasikan ke seluruh bapak/ibu Guru BK disekolah masing-masing.

Setelah Kegiatan ini dibuka oleh moderator dilanjutkan sambutan Koordinator BK Sub Rayon 01 Kabupaten Wonogiri yaitu Bapak Drs. TRIYONO ,M.Pd. Dalam sambutannya Beliau penyampaian bahwa meski dalam masa covid-19 semangat guru BK tidak boleh menurun justru harus meningkat dengan tetap menjalankan tugas sesuai tupoksinya, Guru BK juga tidak boleh terlena dalam keadaan pandemi covid ini, tetap harus mampu meningkatkan kompetensi dan pengembangan diri serta selalu aktif dalam kegiatan MGBK khususnya di Sub Rayon ini.

Acara ketiga penyampaian materi oleh Ketua MGBK Rayon Wonogiri Bapak Sumarno, S.Pd, M.E.Sy. Materi yang disampaikan oleh Ketua MGBK Rayon Kabupaten Wonogiri juga tidak lepas dari Pembelajaran JarakJauh yang sedang dilaksanakan disekolah di saat pandemic  Civid-19 ini. Ditegaskan oleh beliau bahwa tugas guru BK harus selalu mengikuti perkembangan yang terjadi saatini ,sebagai guru BK juga bisa memanfaatkan informasi melalui  Portal Pembelajaran MS365 yang disediakan oleh Dinas Pendidikan Kabupataen Wonogiri sebagai refferensi seluruh materi pembelajaran pada saat pandemi Covid-19 ini. Kegiatan MGBK yang berlangsung saat ini adalah sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi dan professionalisme guru BK di Sub Rayon 01  dan umumnya di seluruh kabupaten Wonogiri. Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri melaluikasi  PTK mengharapkan kegiatan rutin MGMP/MGBK baik di tingkat Rayon maupun Sub Rayon dilaporkan kepada Kasi PTK Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri melalui group yang sudah dibentuk. Diakhir sesi penyampaian materi ketua MGBK menegaskan agar seluruh Guru BK aktif dalam mengikuti kegiatan ke- MGBK -an  yang diselenggarakan oleh tingkat Rayon Kabupaten Wonogiri maupun di Sub Rayon masing-masing.Penyampaian materi inti disampaikan oleh Bapak Drs. Hardiyo, beliau memamparkan tentang Layanan Bimbingan dan Konseling di masa pandemic Covid -19, Perangkat administrasi yang diperlukan dalam pembelajaran jarak jauh seperti RPL dan Materi pembelajaran yang dikupas secara tuntas dalam kegiatan ini. Tidak ketinggalan action plan yang merupakan rencana kegiatan layanan dimana dalam mata pelajaran disebut silabus jugadibahas secaradetil.


Sesuai dengan tema pertemuan rutin MGBK Sub Rayon 01 Kabupaten Wonogiri kali ini menghasilkan kesepakatan seluruh Guru BK Se– Sub Rayon kabupaten Wonogiri menggunakan action Plan sebagai silabus dan Rencana Pelaksanaan Layanan(RPL)  BK1 Lembar sebagai kelengkapan program BK yang dijadikan sebagai pedoman dalam memberikan layanan kepada peserta didik. Meskipun di masa pandemic dengan model pembelajaran jarak jauh, empat komponen layanan BK berupa Layanan Dasar, Layanan Responsif, Layanan Peminatan dan Perencanaan individual serta layanan pendukung Sistem harus tetap berjalan dengan baik. Pemateri mengakhiri sesi ini dengan harapan guru BK Sub Rayon 01 tidakkalah dengan guru mapel lain dalam tugas tugas pokok sebagai guru.

Pada akhir pertemuan sebelum ditutup Ketua MGBK mengingatkan kembali dan menegaskan kepada seluruh guru BK se Kabupaten Wonogiri untuk selalu aktif mengikuti kegiatan ke- MGBK -an baik di tingkat Sub Rayon maupunting kat Rayon disetiap hari selasa yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan sebagai hari MGBK. Disamping itu pertemuan MGBK merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme sebagai Guru Bimbingan dan Konseling dapat benar benar terwujud.

Pengurus MGBK akhirnya menetapkan dan memplenokan dalam pertemuan tersebut untuk menggunakan RPL 1 lembar dalam pelaksanaan Layanan kepada peserta didik mengikuti surat edaran mentri Pendidikan dan kebudayaan No. 14 tahun 2019.

Pertemuan diakhiri dengan ditutup oleh moderator dengan harapan pertemuan seru padapat dilaksanakan dihari yang lain, demikian reportase pertemuan rutin MGBK Sub Rayon 01 Kabupaten Wonogiri telah berjalan lancar walaupun masih terdapat kekurangan dan hambatan dalam Vicon BK sub Rayon 01 Kabuapten Wonogiri (HR)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *