Dalam rangka melanjutkan amanah kepemimpinan dan mewujudkan organisasi PMR menjadi lebih baik serta selalu maju dan terus berkarya, PMR Raja madyasa SMP Negeri 1 Wonogiri menyelenggarakan pemilihan ketua PMR Periode 2020/2021.

Kegiatan ini dilaksanakan secara luring pada hari Senin, 26 Oktober 2020 mulai pukul 08.00 bertempat di bangsal SMP Negeri 1 Wonogiri dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.

Satu minggu sebelum pemilihan sudah diadakan sosialisasi oleh panitia tentang siapa saja kandidat yang akan maju pada pemilihan tersebut. Karena mengingat adanya pandemi Covid-19, maka sosialisasi dilakukan secara daring melalui Whatsapp Group para siswa SMPN 1 Wonogiri. Panitia mengatakan bahwa hal ini dilakukan agar semua siswa bisa mengetahui visi, misi, dan program kerja kandidat ketua PMR sebelum mereka menentukan pilihannya.

Kegiatan pemilihan   ini dipandu oleh Ketua dan Wakil Ketua PMR yang lama yaitu Nabigh Sakadanu Hartoko dan Naila Darussalamah, sedangkan yang maju dalam pemilihan ketua PMR Periode 2020/2021 ada 3 kandidat, yaitu Abit Fadhillah Ramadhani, Kania Putri Hartatiningsih, dan Chelsea Olivia. Ketiganya merupakan siswa kelas VIII.A.
Acara diawali dengan perkenalan Pembina dan Pelatih PMR SMP Negeri 1 Wonogiri, yaitu:
1. DyahMilasari (Pembina)
2. Susanto, S.Kom (Pembina)
3. Tri Narsih, S.Pd.SD. (Pelatih)
Karena pemilih pada sesi pertama adalah para anggota PMR yang masih kelas VII, maka Pembina dan pelatih PMR perlu diperkenalkan kepada mereka.
Dalam sambutannya, Dra. Dyah Milasari menyampaikan bahwa pemilihan ketua PMR ini sebagai sarana pembelajaran demokrasi. Beliau berharap dengan terpilihnya ketua yang baru semoga dapat bekerjasama dengan anggotanya, sehinggaa kanterwujud visimisi yang sudah disosialisasikan, serta menjadikan organisasi PMR Rajamadyasa yang memiliki keunggulan lebih dari sebelumnya. Beliau juga berharap semogaketua yang baru nantinya dapat mengemban amanah dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, diberi kemudahan dan kelancaran dalam menyelesaikan segala permasalahan
Acara kemudian dilanjutkan dengan pemungutan suara. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Waka Kesiswaan Joko Trihono, S.Pd., M.Pd. dan Pembina OSIS Sugiyarto, S.Pd., M.Pd. Para anggota PMR datang untuk melakukan pencoblosan secara bergiliran sesuai jadwal, yaitu untuk kelas VII jam 08.30 – 09.30, kelas VIII jam 09.30 – 10.30, dan kelas IX pada jam 10.30 – 11.30. Panitia sudah menyiapkan bilik suara dan kotaksuara di bangsal sekolah. Untuk menghindari adanya pemilih ganda, setiap selesai memberikan hak suaranya para pemilih wajib mencelupkan jari kedalam wadah yang berisi tinta. Bagi anggota PMR yang tidak dapat datang kesekolah, panitia memfasilitasi dengan membuat form online sehingga mereka tetap bisa memberikan suaranya secara online.
Dari hasil perhitungan suara, suara terbanyak pemilihan ketua PMR diraih oleh Abit Fadhillah Ramadhani sehingga dia ditetapkan sebagai ketua PMR Rajamadyasa SMP Negeri 1 Wonogiri Periode 2020/2021, dan akan dilantik bulan depan oleh Kepala Sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *